Rabu, 31 Maret 2010

Tidur Siang Meningkatkan Kemampuan Kognitif Otak

Satu lagi penelitian yang menunjukkan manfaat tidur siang bagi kesehatan otak manusia. Penelitian terbaru menunjukkan tidur siang mampu meningkatkan kualitas daya ingat dan kemampuan kognitif seseorang. Tidur siang mampu meningkatkan kemampuan otak menyerap informasi baru.

Penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat melihat pada kemampuan dua kelompok responden yang tidur siang selama 90 menit di siang hari dan yang tidak tidur siang sama sekali. Penelitian ini pun mengatakan bahwa otak membutuhkan istirahat atau tidur untuk memroses ingatan jangka pendek atau short-term memories. Otak membutuhkan ‘ruangan’ untuk fakta-fakta baru agar bisa dicerna.

“Tidur tidak hanya sekedar aktivitas istirahat, tapi juga sebuah aktivitas neurokognitif yang akan membuat manusia lebih baik dari sebelum saat tidur siang,” kata Dr. Matthew Walker, pemimpin penelitian ini. Namun untuk lamanya waktu tidur siang, Walker tidak menyebutkan waktu yang spesifik. Hal ini dikarenakan setiap orang membutuhkan waktu tidur yang berbeda-beda.

Walker mengumpamakan otak dan tidur siang seperti sebuah email. “Hippocampus pada otak seperti layaknya sebuah inboks sebuah email. Inboks itu bisa menjadi penuh, dan Anda perlu tidur dan membersihkan semua email-email tersebut. Kalau tidak, Anda tidak bisa menerima email lainnya. Email-email yang masuk akan ditolak atau bouncing, sampai Anda tidur siang dan memindahkannya ke folder lain,” ungkap Walker. news.bbc.co.uk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar